Buku Panduan Cara Cepat Hamil

Obat Herbal Asam Urat

loading...
Salah satu penyakit yang banyak diderita orang yang sudah manula adalah Asam Urat. Yang mana penyakit Asam Urat ini bisa kita coba obati dengan pengobatan tradisional yaitu Obat Herbal Asam Urat.Karena pengobatan dengan Obat Herbal akan lebih aman dan tanpa efek sampingan, dengan catatan Obat Herbal yang akan kita gunakan haruslah yang jelas khasiatnya dan terdaftar di BPOM.

Seperti Obat Herbal Ling Shen Yao yang merupakan Obat Herba yang memiliki kelas dan kualitas yang teruji dan terpuji sampai saat ini.Asam urat merupakan kondisi terjadinya peningkatan kadar asam urat didalam tubuh. Peningkatan kadar asam urat tersebut diakibatkan oleh adanya penumpukan purin yang menghasilkan asam urat.Jumlah purin yang dikeluarkan lebih kecil dibanding yang diserap, sehingga terjadilah kelebihan asam urat didalam tubuh.

Salah satu pengobatan yang dapat ditempuh adalah pengobatan tradisional yang memanfaatkan bahan-bahan alami.Berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat asam urat alami.

Asam urat yang berlebih dalam tubuh akan terakumulasi dipersendian sehingga memunculkan berbagai keluhan seperti nyeri, bengkak bahkan peradangan.Bagian sendi yang umumnya terasa nyeri antara lain jari tangan, jari kaki, lutut, pergelangan tangan dan kaki.

Terlalu banyak zat purin yang masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu fungsi organ ginjal, sehingga ginjal tidak mampu membuang kelebihan asam urat.Oleh sebab itu, kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak zat purin seperti daging merah, jeroan, beberapa ikan (sarden, tuna), beberapa jenis sayuran (bayam, jamur,kembang kol, kacang polong) serta minuman beralkohol.

1. Daun Sirsak
Senyawa kimia yang ada di dalam daun sirsak sangat ampuh untuk membunuh bakteri, virus dan dapat digunakan untuk proses regenerasi sel yang rusak. Selain senyawa kimia, daun sirsak juga mengandung beberapa zat yang sangat efektif untuk menyebuhkan beberapa jenis penyakit. Beberapa zat ini diantaranya adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin dan asam linoleat.  Acetogenin bahkan dapat membunuh sel sel kanker yang ada dalam tubuh.

Senyawa lainnya adalah glikosida, tannin dan berbagai senyawa lain yakni alkaloid dan juga flavanoid. Karena memiliki beberapa kandungan seperti yang telah disebutkan di atas, daun sirsak berfungsi untuk berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, membantu proses pencernaan dan antimikroba.

Untuk mengobati asam urat, Anda dapat membuat ramuan yang terbuat dari daun sirsak. Caranya:
- Ambil daun sirsak 6-10 lembar kemudian bersihkan menggunakan air yang mengalir.
- Potong-potong daun sirsak tersebut menjadi beberapa bagian agar sari-sari yang terdapat didalamnya dapat bercampur dengan air secara maksimal.
- Setelah itu ambil dua gelas air dan rebus dengan daun sirsak yang telah dibersihkan.
- Tunggu sampai tersisa satu gelas air saja, kemudian minum secara teratur dua kali sehari pada pagi dan malam.

2. Brotowali
Brotowali merupakan sejenis tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan dan merupakan salah satu jenis tanaman obat asam urat. Cara mengolahnya cukup sederhana, Anda hanya perlu merebus daun brotowali kemudian disaring untuk diambil airnya. Rasanya memang terkenal pahit, tetapi khasiatnya ampuh untuk menurunkan asam urat.

Selain untuk mengobati asam urat, brotowali juga mempunyai banyak manfaat antara lain untuk mengobati darah tinggi, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, meningkatkan imunitas tubuh, dan membuat kulit Anda senantiasa kencang/awet muda.

3. Kumis Kucing
Anda selama ini mungkin telah sering mendengar khasiat daun kumis kucing sebagai obat batu ginjal. Selain ampuh untuk menghancurkan batu ginjal, ternyata kumis kucing juga merupakan tanaman obat asam urat. Tanaman ini mudah ditemukan di sekitar kita, biasanya tumbuh liar di selokan atau di pinggir sungai. Tetapi setelah banyak informasi tentang khasiat tanaman ini, saat ini sudah banyak orang yang menanamnya di halaman rumah.

Tanaman kumis kucing mengandung zat orthosiphonin glikosida dan diuretik sehingga akan merangsang pengeluaran asam urat melalui urin. Selain itu juga mengandung zat sinsetin yang mencegah peradangan dan infeksi pada saluran kemih. Untuk menyembuhkan asam urat, maka minumlah rebusan daun kumis kucing ini secara teratur.

4. Sambiloto
Sambiloto juga sudah banyak dikenal sebagai tanaman obat tradisional. Walaupun tanaman ini sebenarnya berasal dari India, namun dapat tumbuh subur di Indonesia dan tidak sulit untuk menemukannya. Sambiloto juga merupakan tanaman obat asam urat yang cukup ampuh. Seluruh bagian dari tanaman sambiloto dapat digunakan sebagai obat, namun pada umumnya yang digunakan adalah daunnya.

Cara mengolahnya dengan cara direbus kemudian diminum air rebusannya. Zat yang terkandung dalam sambiloto antara lain yaitu aldehid, keton, alkane, flavanoid, dan berbagai mineral penting seperti kalium, natrium, dan kalsium.

5. Daun Salam
Dalam kehidupan sehari-hari, daun salam lebih dikenal sebagai bumbu dapur. Ternyata daun salam juga termasuk salah satu tanaman obat asam urat. Daun salam dikenal memiliki bau yang sangat harum. Cara mengobati asam urat dengan daun salam yaitu dengan cara merebusnya kemudian disaring untuk diambil airnya dan diminum secara teratur. Daun salam mengandung beberapa zat penting seperti flavanoid, tanin, dan minyak atsiri yang efektif untuk sembuhkan asam urat.

6. Seledri
Tak hanya untuk sebagai penyedap masakan seledri juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satunya seledri bisa unutk mengobati asam urat.Dalam seledri terapat berbagai macam kandungan yang dapat mengobati penyakit asam urat, zat yang terkandung di dalam seledri diantaranya kalsium, fosfor, zat besi, vitamin a, B1, C, glikosida, apiin, apiol, dan falvonoid. Diantara zat yang ada di dalam seledri, glikosida sangat efektif untuk mengobati masalah persendian dan juga asam urat.

Untuk mengobati dengan seledri cara yang paling mudah adalah dengan memakannya secara langsung sebagai lalapan. Anda juga bisa dengan merebus biji seledri sebanyak 1 sendok dengan 3 gelas air. Tunggu sampai air rebusan seledri tersisa kira-kira 1 gelas. Saring kemudian tunggu sampai bisa diminum. Minum sehari 2 sampai 3 kali.

7. Jahe Merah
Tanaman obat asam urat yang berikutnya yaitu jahe merah. Tanaman ini ternyata tidak hanya ampuh untuk mengobati radang tenggorokan, tetapi juga dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat.

Cara mengolahnya buatlah jahe merah sebagai minuman atau yang sering dikenal dengan wedang jahe. Jahe merah mempunyai khasiat untuk membuang asam urat yang menumpuk serta menyembuhkan peradangan pada sendi. Selain itu jahe merah juga berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Obat Herbal Asam Urat Obat Herbal Asam Urat Reviewed by Pakar Pupuk Tanaman on Januari 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.